Sukses Karena Mabit dan Kejujuran

Juni 28, 2010 at 3:22 am Tinggalkan komentar

Jawa Pos: Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al Uswah baru-baru ini meraih prestasi sebagai sekolah swasta peraih nilai rata-rata terbaik ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) di Surabaya. Sekolah yang berada di pinggiran Kecamatan Sukolilo tersebut menyisihkan lebih dari 300 sekolah swasta lain.

Sekolah itu berada di Jalan Kejawan Gebang, Sukolilo. Bangunannya cukup sederhana. Sekarang masjid di depan sekolah tersebut sedang direnovasi. Dalam UASBN tahun ini, SD itu meraih predikat rata-rata terbaik jika dibandingkan dengan lebih dari 300 SD swasta di Surabaya, yang beberapa di antaranya adalah favorit.

“Bila ditanya tentang kunci, kami tidak punya yang khusus,” ujar Moch. Edris Effendi ST, kepala sekolah tersebut. Namun, ada sejumlah kegiatan yang dinilainya efektif untuk membangun semangat dan prestasi belajar siswa. Antara lain adalah Malam Bina Iman dan Takwa, disingkat Mabit.

Selama dua semester di kelas VI, para siswa wajib menjalani Mabit alias bermalam di luar sekolah. Dalam kesempatan itu, mereka diarahkan untuk bermuhasabah alias mengevaluasi diri. Para siswa tersebut juga difokuskan untuk beribadah. Terutama membaca Alquran. Mereka juga diberi bimbingan untuk bertingkah laku sesuai dengan norma-norma agama. “Kami mengharamkan mencontek. Terbukti, pengawas UASBN mengatakan, anak murid kami tidak suka tolah-toleh,” ujar Edris.

Pria asal Kediri tersebut menambahkan, tryout di tempatnya dilakukan berulang-ulang. Hasil tryout nanti diberitahukan kepada para siswa yang berjumlah 33 orang. Jumlah siswa nanti dibagi jadi tiga kelompok sesuai dengan nilainya. Jadi, ada sebelas siswa yang berada di kelompok atas, tengah, dan bawah.

“Dari sana kami mengintensifkan pengajaran. Yang di bawah paling banyak mendapat bimbingan belajar,” jelas M. Miftah Shubhan AMd, wakil kepala sekolah bagian kesiswaan.

Menurut Miftah, salah seorang lulusan mereka, Rachman Ghani Kurniansyah, termasuk 50 besar siswa terbaik UASBN. Nilai bocah tersebut 8,8 untuk bahasa Indonesia, 10 (matematika), 9,5 (ilmu pengetahuan alam).

Sekolah itu berada di peringkat ketujuh nilai rata-rata UASBN se-Surabaya bila diakumulasi dengan sekolah negeri. Sekolah tersebut hanya berada di bawah SDN Pacar Keling V/186, SDN Tambaksari II-158, SDN Kalirungkut I/264, SDN Kaliasin III/282, SDN Sidotopo VIII/55, dan SDN Ketabang. (rio/c9/oni) (Jawa Pos-Metropolis 25 Juni 2010)

Entry filed under: Pendidikan. Tags: , .

Dengan Kejujuran Membawa SDIT AL Uswah Jadi Terbaik Se Surabaya Khutbah Idul Adha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: