Outdoor Learning SMP-IT Al Uswah

November 10, 2009 at 3:24 am Tinggalkan komentar

SMP-IT Al UswahAlhamdulillah pada hari Kamis tanggal 5 Nopember 2009 yang lalu kembali para siswa SMP-IT Al Uswah Surabaya melaksanakan Outdoor Learning (belajar di luar kelas). Kali ini temanya berkaitan dengan pembelajaran bidang studi Seni Budaya dan Ketrampilan. Para sisws mengambil tempat belajar di Bengkel Kriya Daun 9996 Surabaya. Kegiatan ini dilakukan untuk memberi wawasan kepada para siswa tentang kerajinan tangan yang dapat menjadi salah satu alternatif wirausaha. Dengan kegiatan ini juga diharapkan  memberikan pengalaman langsung pada siswa tentang pembuatan salah satu produk Pigora unik berbahan karton dengan cover kreasi dari daun kupu-kupu kering.
Pelajaran berharga digali langsung dari narasumbernya yaitu Bu Nanik Daun. Narasumber menyampaikan bahwa untuk mencapai kesuksesan, di mana hasil kreasinya sudah diekspor ke manca negara, diperlukan karakter-karakter positif yang harus dibangun dalam diri kita. Seperti kedisiplinan dan kemauan untuk bekerja keras serta banyak membaca. Selain itu juga diperlukan kesabaran, pantang menyerah, selalu mencoba, tekun, dan kreatif. Serunya melihat kesibukan para siswa saat membuat pigora dibarengi dengan senyum terkembang ketika melihat hasil karya masing-masing yang luar biasa.

SMP-IT Al UswahSebelum kegiatan ini, siswa SMP-IT juga melaksanakan kegiatan Outdoor Learning ke Kali Jagir dan Laboratorium Kimia FMIPA ITS serta dilanjutkan ke Lab Biologi FMIPA ITS pada keesokan harinya. Di kali Jagir siswa mengambil sampel air lalu diukur besar pH-nya (pembelajaran Sains) dan mewawancarai beberapa anggota  masyarakat yang tinggal di daerah sekitar sungai tersebut terkait pembelajaran Sosiologi dan PKn tentang kondisi sosial dan norma di dalamnya. Di Lab Biologi dilakukan pengamatan dengan mikroskop untuk melihat mikroorganisme terutama bakteri yang terdapat dalam air Kali Jagir dan juga air selokan di sekitar rumah siswa yang sampelnya sudah diambil sebelumnya.

Entry filed under: Pendidikan. Tags: , , .

Mengatasi Tekanan Kehidupan Sepuluh Hari Pertama Dzulhijjah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: