Panduan Ibadah Ramadhan

Agustus 11, 2009 at 2:59 am Tinggalkan komentar

ibadah di masjidil haramBulan Ramadhan adalah bulan tarbiyah (pendidikan). Selama sebulan penuh umat Islam dibina atau dididik untuk kembali kepada jati dirinya sebagai hamba Allah swt. Sebagian orang mungkin akan merasakan beratnya didikan yang ada di bulan Ramadhan. Tetapi bagi siapa saja yang berhasil melewatinya serta lulus dari segala ujian yang ada didalamnya, maka mereka akan mendapatkan kemuliaan dan pahala yang tidak ada bandingannya. Pendidikan Ramadhan akan membersihkan manusia, yang pada sebelas bulan sebelumnya berlepotan dosa, dan mensucikannya sehingga kembali kepada kesucian fitrahnya. Dan dengan berbekal kesucian itulah mereka akan mengarungi bahtera kehidupan pada bulan-bulan berikutnya.
Sudah saatnya ibadah kita pada bulan Ramadhan kali ini lebih baik kwalitasnya dibandingkan dengan bulan Ramadhan pada tahun-tahun sebelumnya. Berbagai pengalaman melaksanakan ibadah pada Ramadhan sebelumnya selayaknya dijadikan acuan dalam mempersiapkan optimalisasi ibadah di bulan yang mulia ini. Sudah selayaknya kita mengevaluasi segala keberhasilan dan kegagalan saat berusaha memaksimalkan ibadah Ramadhan setahun yang lalu. Dari sekian banyak daftar keberhasilan di tahun lalu sudah sepantasnya akan lebih ditingkatkan kwalitasnya pada tahun ini. Sebaliknya segala hal yang belum berhasil kita lakukan setahun lalu, akan diusahakan bisa dilakukan pada tahun ini.
Berikut ini amalan-amalan utama selama bulan Ramadhan yang tidak boleh dilewatkan oleh siapa saja yang mengagungkan kehadirannya:
Berkaitan dengan puasa Ramadhan: Berusahalah untuk memahami seluruh hukum-hukum puasa baik yang bersifat wajib, sunnah, makruh, mubah dan seterusnya. Sehingga anda bisa menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Berusahalah untuk menjauhi hal-hal yang bisa merusak nilai ibadah puasa kita seperti ghiba, mengadu domba, bertengkar dan lain sebagainya. Menyegerakan berbuka puasa dan mengakhirkan sahur serta perbanyaklah do’a ketika anda melakukannya.
Melakukan Shalat Tarawih atau Qiyamullail: Bergabunglah dengan jama’ah tarawih yang ada disekitar anda. Dengan demikian anda akan bersama-sama kaum muslimin yang banyak dalam menghidupkan malam-malam Ramadahan.Apabila anda berniat menghidupkan seluruh malam dengan beribadah, maka tambahkanlah tanpa harus meninggalkan jama’ah yang ada di sekitar anda.Memaksimalkan ibadah di malam-malam sepuluh hari terakhir Ramadhan
Memberi makan orang fakir-miskin dan bersedekah: Barang siapa yang memberi makan kepada orang yang berpuasa, maka ia akan mendapatkan pahala senilai dengan pahala yang didapatkan oleh orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi pahala yang berpuasa sedikitpun ( HR. Tirmidzi, Nasa’i dan Ibnu Majah). Berusahalah untuk bisa memberikan kebahagian kepada orang lain meskipun nilainya hanya seteguk air.
Membaca Al Qur’an: Berusahalah untuk bisa membaca Al Qur’an dan mengkhatamkan seluruhnya minimal sekali selama bulan Ramadhan. Berusahalah untuk memahami kandungan Al Qur’an serta mempelajari isinya. Kemudian setelah itu berusahalah untuk mengamalkannya. Bergabunglah bersama jama’ah tadarrus Al Qur’an yang ada di sekitar kita.
Bertaubat: Sesungguhnya setiap malam pada bulan Romadhan Allah swt. menetapkan orang-orang yang dibebaskan dari siksa neraka (HR.Tirmidzi & Ibnu Majah). Bersegeralah meninggalkan perbuatan-perbuatan dosa, menyesalinya dan bertekad untuk tidak mengulanginya.
Zakat fitrah kita akan mensucikan ibadah puasa  Ramadhan kita dari kata-kata yang kotor dan  perbuatan sia-sia serta sebagai bantuan bagi fakir miskin yang sangat membutuhkan uluran tangan kita.

Entry filed under: Dakwah. Tags: , .

Memilih Yang Terbaik Bacaan Yang Mengesankan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: