Enaknya Hidup Sehat

Februari 10, 2009 at 4:31 am Tinggalkan komentar

Salah satu nikmat yang sering terlupakan untuk disyukuri adalah nikmat kesehatan. Kebanyakan orang baru tersadar akan penting dan berharganya nikmat sehat itu ketika mereka sudah jatuh sakit. Ketika sudah dalam keadaan demikian baru tersadar betapa sempurnanya kehidupan yang dirasakan ketika memiliki tubuh yang sehat. Bisa menghirup udara pagi yang menyegarkan ketika berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah yang rimbun. Para petani bisa pergi ke sawah di pagi hari yang masih buta setiap hari ketika tubuhnya dalam kondisi sehat. Dan siapapun bisa melakukan aktifitas apa saja yang diinginkan ketika tubuh mereka tidak dalam kondisi sakit alias sehat.

Tetapi tubuh atau fisik yang sehat saja katanya sekarang ini dirasa belumlah cukup. Banyak yang mengatakan bahwa tingkat kenyamanan hidup saat ini ukurannya tidak sekedar hanya memiliki tubuh yang sehat. Tubuh yang sehat memang tetap menjadi prasyarat utama dalam mencapai kenyamanan hidup. Tetapi ada beberapa hal yang lain yang dibutuhkan agar seseorang benar-benar memastikan untuk bisa menggapai kehidupan yang nyaman, bahagia dan sejahtera.Kebutuhan yang lain selain fisik yang sehat itu adalah akal yang sehat dan jiwa yang sehat.

Disamping itu dalam kehidupan manusia modern yang tidak pernah lepas dari berbagai macam persoalan dan problematika sangat membutuhkan adanya ketahanan fisik, akal dan mental spiritual seseorang. Kadangkala suatu saat mereka dituntut untuk bekerja ekstra keras dengan segenap kekuatan fisiknya. Kadangkala mereka harus memeras segala kemampuan akalnya untuk mencapai terobosan yang diinginkan. Dan kadangkala mereka harus mampu menjaga kesetabilan emosi dan spiritualnya pada saat dihapkan pilihan-pilihan yang membutuhkan kebijaksanaan.

Banyaknya kisah-kisah tentang orang-orang yang berhasil dalam kariernya kemudian jatuh tersungkur gara-gara tidak mampu lagi mengendalikan emosi dan spiritualnya sebagaimana keadaan semula. Misalnya menjadi direktur atau pejabat tinggi yang dihormati tetapi kemudian tersandung kasus korupsi atau perbuatan pelanggaran moral. Sesuatu yang dibangun sejak awal akhirnya hancur berantakan.

Ada juga yang didera kesulitan oleh himpitan ekonomi. Yang kemudian mereka yang tidak lagi mampu menggunakan akal sehatnya atau karena sakitnya iman dan spirualnya sehingga seseorang tega merampas dan mengambil hak orang lain dengan cara yang tidak benar, yang kemudian mengantarkannya kepada kesulitan yang kedua yaitu penjara.

Oleh karenanya penjagaan kesehatan tidak anjurkan hanya terfokus pada fisik saja. Harus ada upaya secara terus menerus untuk mengusahakan agar fisik, akal dan mental kesemuanya dalam keaadaan sehat wal afiat. Padukan pola hidup yang sehat dengan pola pikir yang sehat serta dengan pola ibadah yang sehat pula.

 

 

 

 

 

 

Entry filed under: Beranda. Tags: , , .

Kebaikan Tanpa Pamrih Yang Selalu Didambahkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: