Puasa Asy Syura

Januari 6, 2009 at 5:33 am Tinggalkan komentar

Berpuasa di bulan-bulan haram termasuk bulan Muharram adalah sangat dianjurkan oleh Rasulullah saw. Sebagaimana yang dimuat dalam sebuah hadits Nabi yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Rasulullah saw berpuasa pada hari Asyura dan menganjurkan para pengikutnya untuk berpuasa juga. Para Sahabat kemudian bertanya: Wahai Rasulullah sesungguhnya hari itu diagungkan dan dijadikan hari raya oleh orang-orang yahudi. Beliau menjawab: InsyaAllah tahun depan kita akan berpuasa pada tanggal sembilan dan sepuluh. Tetapi sebelum puasa tanggal sembilan itu terlaksana Beliau saw sudah wafat terlebih dahulu.

Imam Al Hafidz Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Baari menjelaskan bahwa keinginan Rasulullah saw untuk berpuasa pada tanggal sembilan Muharram adalah untuk membedakan antara umat Islam pengikut beliau dengan kaum yahudi. Hal ini dikuatkan dengan adanya hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim dari Atha yang mendengar dari Ibnu Abbas, Rasulullah saw bersabda: berbedalah kalian dengan orang yahudi dan berpuasalah kalian pada tanggal sembilan dan sepuluh Muharram.

Sudah menjadi tardisi di sebagian umat Islam di beberapa daerah untuk menjadikan bulan Muharram sebagai bulan yang di dalamnya banyak melakukan kebajikan. Banyak hal yang dilakukan di bulan Muharram ini. Diantaranya memperbanyak berpuasa, membaca Al qur’an,  menyantuni anak-anak yatim-piatu, meringankan beban saudara-saudara se-iman dan lain sebagainya. 

Entry filed under: Dakwah. Tags: .

Hijrah Dan Masyarakat Baru Penjara Gaza

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: