Saat-Saat Di Arafah

Desember 5, 2008 at 6:28 am Tinggalkan komentar

Jama’ah calon haji yang telah berdatangan ke tanah suci sejak bulan Dzulqo’dah akan mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji beberapa saat setelah mereka memasuki bulan Dzulhijjah. Dan  pada tanggal delapan Dzulhijjah jama’ah calon haji yang datang dari seluruh dunia mulai bergerak menuju kota Mina. Mereka akan menginap di tempat itu di malam kesembilan bulan Dzulhijjah. Kemudian pagi harinya pada tanggal sembilan Dzulhijjah mereka akan bergerak menuju Arafah  untuk melaksanakan wukuf disana. Waktu pelaksanaan wukuf adalah saat waktu Dhuhur tiba sampai dengan tenggelamnya matahari saat waktu maghrib tiba.

Puncak ibadah haji adalah wukuf di Arafah pada tanggal sembilan Dzulhijjah. Ditempat itu jutaan manusia dari seluruh penjuru dunia berkumpul menjadi satu untuk menyambut panggilan Allah dan mengagungkan Nama-nama-Nya. Di tempat itu  berjuta-juta manusia dari berbagai macam latar belakang bercampur menjadi satu untuk memohon ampunan dan ridlo dari Tuhannya. Tidak ada lagi perbedaan status antara yang kaya dan yang miskin. Atau antara yang berkulit putih, kuning atau yang hitam. Dengan mengenakan pakaian yang sama yaitu putih atau sejenisnya mereka semua mempunyai niat dan pengharapan yang sama. Yaitu mendapatkan ampunan dan kasih sayang dari Allah swt.

Hari Arafah adalah hari yang sangat agung dimana Allah swt mengabulkan doa-doa hambanya, mengampuni dosa-dosa hambanya yang banyak serta membebaskannya hambanya yang banyak dari siksa api neraka. Di hari itu Allah swt memuji-muji hambanya yang datang dari segala penjuru di depan para malaikat-Nya. Mereka datang dengan membawa dosa lalu Allah swt mengampuninya. Mereka membawa beban kehidupan dari negerinya masing-masing, lalu Allah ringankan beban-bebannya.

            Oleh karenanya di hari itu perbanyaklah membaca kalimat-kalimat pujian kepada-Nya. Agungkanlah Nama-nama-Nya. Perbanyak bertaubat kepada-Nya. Akui segala kesalahan dan dosa-dosa. Memintalah ampunan dan kasih sayang-Nya. Mintalah bimbingan hidayah-Nya dan selalu mendapatkan ridho-Nya. Memohonlah untuk diselamatkan dari api neraka. Mintalah rizki yang halal dan barakah. Panjatkan doa kepada-Nya agar diberikan anak-anak yang sholeh dan sholihah serta mendapatkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Dan panjatkan doa-doa yang diinginkan sebanyak-banyaknya. Semoga Allah swt mengabulkannya.

Entry filed under: Beranda. Tags: .

Ekspresikan Cinta Dengan Pengorbanan Pesan Arafah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: