Sumpah Pemuda

Oktober 30, 2008 at 4:23 am Tinggalkan komentar

Setiap tanggal 28 Oktober bangsa Indonesia selalu memperingati momen penting dalam sejarah perjalanan bangsa yaitu Sumpah Pemuda. Peringatan itu biasanya ditujukan untuk kembali mengenang nilai-nilai serta semangat diseputar lahirnya sumpah pemuda yang sangat bersejarah itu. Sebuah nilai dan semangat yang sangat mencengangkan semua orang karena ia lahir sebagai buah dari sejarah perjuangan bangsa yang sangat panjang. Meski masih berada dalam kungkungan dan belenggu penjajahan. Tetapi karena para pemudanya memiliki mentalitas para pejuang, semangat yang sudah lama terpendam itu akhirnya mereka tumpahkan dalam kebulatan tekad untuk meraih keutuhan Indonesia dari tangan para penjajah.

Semangat sumpah pemuda memang masih sangat layak untuk tetap digelorakan. Di tengah-tengah pertarungan budaya yang sangat tajam akhir-akhir ini para pemuda perlu diingatkan dengan prestasi semangat pemuda yang luar biasa.  Karena semangat seperti itulah yang sesungguhnya merupakan cerminan dari jati diri dan sosok seorang pemuda Indonesia. Sebuah sosok yang pemberani, bersemangat, kuat dan penuh cita-cita. Setiap pemuda pada setiap zamannya telah memberikan bukti bahwa mereka memiliki karakteristik dan ciri seperti ini. Sudah tidak terhitung berapa jumlahnya para pemuda yang telah gugur di medan-medan perjuangan selama terjadinya perlawanan terhadap penjajahan. Begitu juga tak terhitung jumlahnya mereka yang gugur dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Mereka rata-rata hanya berbekalkan semangat yang membaja serta rasa tanggung jawab yang tinggi untuk membela bangsanya. Yang lebih istimewa, mereka tidak pernah menyerah meskipun kematian mengancam jiwanya.

Tantangan pemuda saat ini memang sangat jauh berbeda dari yang dihadapi oleh para para pemuda sebelumnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa gaya hidup yang dipenuhi dengan berbagai kemudahan fasilitas saat ini telah membuat para pemuda tumbuh dan berkembang tidak persis sama dengan para pemuda saat itu. Tetapi semangat kepedulian terhadap nasib semama anak bangsa tetap bisa ditumbuhkan asalkan semua pihak terus mengupayakannya. Para pemuda kita harus dijauhkan dan dibentengi dari hal-hal yang bisa merusak harapan dan masa depannya. Para orang tua harus senantiasa mengawasi dan membimbing putra-putrinya meraih cita-cita yang diharapkannya. Masyarakat harus menyediakan suasana pergaulan social yang kondusif dan baik bagi perkembangan kejiwaan mereka. Dan pemerintah juga seharusnya membuat kebijakan-kebijakan yang mampu melindungi harapan-harapan mereka.

 

Entry filed under: Beranda. Tags: .

Bekal Jamaah Haji Membangun Keluarga Sakinah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: