Saat Berbuka Puasa Tiba

September 19, 2008 at 4:22 am Tinggalkan komentar

Saat yang paling dinantikan oleh orang yang berpuasa adalah saat datangnya waktu berbuka puasa. Tidak hanya anak-anak saja yang menunggu kehadirannya tetapi juga para orang tua semuanya. Biasanya persiapan berbuka sudah dilakukan beberapa jam sebelumnya. Dan yang paling pertama disipkan adalah hidangan makanan dan minuman yang dipakai untuk membatalkan puasa saat waktu yang ditunggu itu tiba. Bagi mereka yang mampu, mereka menyiapkan berbagai jenis makanan dan minuman yang terhidang untuk memuaskan keinginan setelah menahan haus dan lapar seharian. Tetapi bagi mereka yang tidak mampu, cukuplah dengan apa saja yang dimilikinya. Karena hal tersebut tidak akan mengurangi rasa nikmat dan gembira saat menikmatinya.

Begitu adzan maghrib dikumandangkan, bersegeralah semuanya menuju minuman atau makanan yang telah dipersiapkan. Masing-masing seakan berebut duluan agar segera bisa mengakhiri rasa dahaga dan lapar yang ditahannya seharian. Dan ketika minuman itu pertama kali menyentuh kerongkongannya, Alhmadulillah, rasa syukur yang tak terhingga memenuhi seluruh rongga dadanya. Dengan iringan do’a-do’a, rasa nikmat begitu terasa ketika  minuman dan makanan itu terus-menerus mengikis rasa dahaga dan rasa lapar kita. Puji syukur atas segala nikmat rizqi yang diberikan sehingga bisa berbuka puasa tepat pada waktunya. Tapi jangan sampai keterusan, keinginan untuk minum dan makan sebanyak-banyaknya harus dihentikan, makan dan minumlah seperlunya saja.

Agar nikmat berbuka puasa bisa bertahan lama, setelah minum dan makan sekedarnya, segeralah berwudlu dan bersiaplah melaksanakan sholat berjama’ah. Dengan demikian kita akan mendapatkan kenikmatan dan keuntungan yang berlipat ganda. Keuntungan pertamanya adalah dengan menyegerakan berbuka puasa dan segera menunaikan sholat wajib berjamaah berarti kita telah mengikuti sunnah yang mulia baginda Nabi saw. Keuntungan keduanya adalah kita akan merasakan nikmat makanan dan minuman dalam rentang waktu yang agak lama. Yaitu saat setelah adzan tiba dan setelah melaksanakan sholat maghrib berjama’ah. Begitu juga dengan sholat maghrib kita, akan semakin bisa dinikmati ke-khusyu’annya, karena perut kita belum banyak isinya.

Karena sehabis sholat Isya’ ada kegiatan sholat tarawih, maka jangan berlebih-lebihan dalam makan dan minum. Sebab kalau terlalu menuruti selera makan yang ada, bisa jadi perut ini akan penuh dengan makanan sehingga kita akan kekenyangan. Akibatnya kalau sudah begitu kita akan menjadi malas berangkat ke masjid untuk sholat berjama’ah Isya’ dan juga melaksanakan sholat tarawih. Mending dibatasi saja makannya. Nanti setelah sholat tarawih bisa dilanjutkan lagi menikmati makanannya. InsyaAllah nikmatnya akan semakin bertambah.

                                                                                                                    

Entry filed under: Beranda. Tags: , .

Menuju Ketinggian Ruhani Menggapai Derajat Taqwa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: