Memulai Kebiasaan Baru

September 9, 2008 at 5:28 am Tinggalkan komentar

Ramadhan merupakan saat yang paling tepat untuk memulai kebiasaan-kebiasaan yang baik dalam kehidupan. Peluang itu sangat besar mengingat bulan Ramadhan sangat kondusif untuk melakukan itu. Bahkan orang sering menyebut bulan Ramadhan itu sebagai Syahrut Tarbiyah atau bulan pendidikan bagi kaum muslimin. Selama sebulan penuh umat Islam dilatih dan dididik untuk menjalankan perintah-perintah Allah swt dan menjauhi larangan-larangan-Nya. Di bulan ini juga kaum muslimin dididik untuk mengekang dan mengendalikan hawa nafsunya, dilatih untuk bersabar dan dilatih untuk bersyukur atas segala nikmat yang diterimanya.

Sesungguhnya jiwa manusia sangat mudah untuk diarahkan kepada sesuatu yang baru. Jiwa manusia juga amat mudah dipengaruhi serta mudah menerima dan beradaptasi dengan hal-hal baru. Semuanya itu amat tergantung sejauh mana hati seseorang itu memiliki keinginan untuk melakukannya. Dan suasana hati manusia sangat tergantung kepada informasi yang diterimanya serta pengaruh lingkungan sekitarnya yang menariknya. Apabila hati manusia sering menyerap informasi-informasi tentang kebaikan dan kebenaran agama, maka cenderunglah hati itu kesana. Apalagi hal itu ditunjang dengan selalu berusaha untuk menempatan diri selalu berada didalam lingkungan-lingkungan yang baik. Maka baiklah hati manusia itu beserta seluruh kecenderungannya.

Memulai kebiasaan untuk menjalankan seluruh perintah agama pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini adalah pilihan yang sangat tepat. Karena di bulan yang mulia ini hampir seluruh perintah agama di jalankan oleh umat Islam secara kolektif dan massal. Di bulan puasa ini hampir semua orang akan mendukung semua perbuatan kebaikan yang dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja serta dimana saja. Hampir semua masjid dan mushalla membuka pintunya lebar-lebar selama duapuluh empat jam penuh bagi siapa saja yang mau beribadah di dalamnya. Hampir semua instansi baik swasta maupun pemerintahan memberikan kebijakan dan kelonggaran bagi karyawannya untuk menjalankan kegiatan ibadahnya.

Kalau anda selama ini anda belum terbiasa dan belum istiqomah menunaikan sholat wajib lima waktu berjama’ah di masjid. Maka di bulan yang penuh rahmat ini dan ampunan ini saat yang tepat untuk memulai membiasakannya. Di bulan ini ketika panggilan adzan dikumandangkan, sekian banyak orang akan dengan mudah berduyun-duyun mendatangi masjid atau mushalla untuk menunaikan sholat berjama’ah. Anda tidak akan merasa canggung  berada disana karena banyak juga para “pendatang baru” (bukan jama’ah tetap) yang juga berada disana. Sebaliknya anda akan dimanjakan dengan nikmatnya suasana ibadah yang khusyu’ dan tenang serta tambahnya ikatan persudaraan.

Kalau selama ini anda belum terbiasa secara rutin membaca Al Qur’an dalam keseharian. Maka di bulan yang didalamnya diturunkan Al Qur’an adalah saat yang paling pas untuk memulainya. Di bulan ini di setiap waktu banyak orang-orang yang membaca Al Qur’an. Di masjid atau mushalla banyak orang-orang yang berkumpul untuk membaca Al Qur’an dan mengkhatamkannya. Kalau anda ingin mengikuti salah satu sunnah Nabi saw dan ingin mengkhatamkan Al Qur’an setiap bulan, maka bulan ini bisa menjadi titik tolak untuk melakukannya. Mintalah kemudahan dari Allah swt agar bisa istiqomah dalam melakukannya.

Banyak para selebritis atau pekerja entertainment yang tampil sopan dan menutup auratnya pada bulan yang penuh dengan kenikmatan ini. Maka bagi wanita-wanita muslimah yang sudah lama berniat menutup auratnya dan memperbaiki penampilannya, di bulan yang penuh dengan kasih sayang ini adalah moment yang paling special untuk melaksanakannya. Dengan demikian anda akan mengukirkan momentum emas dalam perjalanan kehidupan dan sekaligus mencatatkan diri sebagai wanita suci yang dicintai Ilahi.

Entry filed under: Beranda. Tags: .

Rindu Tanah Suci-11: Perjalanan Suci Dimulai Cermin Bertetangga

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: