Marhaban Ya Ramadhan

Agustus 29, 2008 at 5:50 am Tinggalkan komentar

Selamat datang bulan Ramadhan. Itulah bunyi slogan yang banyak didengung-dengungkan oleh umat Islam di penghujung bulan Sya’ban. Tidak ketinggalan Para Khatib dan para penceramah banyak yang mengingatkan akan datangnya bulan yang mulia ini. Berbagai acarapun diadakan untuk mengungkapan perasaan kegembiraan akan datangnya bulan yang penuh berkah dan ampunan itu. Ada pawai anak-anak dan kendaraan hias, ada bazaar dan pengajian, ada pentas seni, ada pemasangan spanduk dan pamflet dan lain sebagianya. Kegiatan-kegiatan seperti sangat baik sekali dalam rangka untuk mengingatkan masyarakat agar segera bersiap-siap untuk menyambut kedatangan bulan yang suci tersebut.
Kegiatan-kegiatan seperti diatas juga bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk turut bergembira dengan datangnya bulan Ramadhan. Sehingga semua ibadah yang dikerjakan selama berada di dalamnya akan dilakukan dengan penuh suka-cita dan jauh dari rasa berat. Kegembiraan kita bisa jadi seperti gembiranya anak-anak menyambut Ramadhan. Semua anak-anak pasti sangat gembira dengan datangnya bulan puasa, meskipun tidak semua dari mereka yang sudah kuat menjalani puasa. Kegembiraan mereka lebih disebabkan oleh alasan-alasan yang sangat sederhana. Mereka beranggapan bahwa dengan telah datangnya bulan puasa, maka mereka akan segera bisa merayakan hari raya Idul Fitri. Berkumpul bersama seluruh handai tolan, ditambah lagi dengan adanya baju baru, sepatu baru dan segalanya yang baru pasti sudah mulai terbayang dalam pikiran mereka.
Kegembiraan menyambut bulan puasa bagi kita yang sudah dewasa tentu tidak akan sesederhana seperti yang dipikirkan oleh anak-anak kita. Kegembiraan kita lebih disebabkan karena telah datang sebuah bulan yang penuh dengan rahmat dan ampunan. Kita gembira karena kita diberi kesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosa. Di bulan ini kita juga diberi kesempatan untuk meminta sebanyak-banyaknya segala yang kita inginkan. Doa-doa kita akan dikabulkan selagi kita bersungguh-sungguh mengajukan permohonan. Saatnya hati dan jiwa kita disucikan di bulan yang penuh berkah dan kesucian.

Entry filed under: Dakwah. Tags: .

Amaliyah Ramadhan Ramadhan Ceria

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: