Ramadhan Sebentar Lagi Datang

Agustus 21, 2008 at 4:37 am Tinggalkan komentar

Tidak terasa perjalanan waktu yang begitu cepat membawa kita menyambut kembali datangnya bulan Ramadhan 1429. Rangkaian kesibukan rutin keseharian telah memakan waktu dan telah menghabiskan perhatian sehingga Ramadhan seakan begitu tiba-tiba datang menjelang. Padahal sudah hampir setahun  kita tinggalkan beribu kenangan yang indah bersama Ramadhan 1428. Artinya sudah sebelas bulan lamanya Ramadhan tahun lalu berada di belakang. Tetapi yang ada dalam perasaan sepertinya hal itu terjadi baru beberapa hari berselang. Tetapi Alhamdulillah kita masih diberi kesempatan di tahun ini untuk kembali bertemu dengan bulan Ramadhan.
Padahal banyak juga orang-orang yang ada di sekitar kita yang tidak lagi bisa menikmati agungnya bulan Ramadhan yang penuh berkah ini. Mereka-mereka yang telah habis jatah kehidupannya harus berpisah dengan dunia yang dicintainya untuk selama-lamanya. Mereka harus puas dengan membawa amal ibadah yang telah mereka kerjakan selama hidupnya. Sedangkan kita sekarang yang diberi umur panjang masih diberi kesempatan untuk menambah bekal amal ibadah yang sebanyak-banyaknya. Dan Ramadhan sebentar lagi datang menjelang. Beribu rahmah dan pengampunan kembali terbentang luas di dihadapan. Kita harus menyambutnya  dengan penuh suka cita  dan kegembiraan. Segala persiapan semestinya sudah  dilakukan.
Beberapa persiapan yang perlu segera dilakukan diantaranya adalah persiapan kwalitas spiritual (ma’nawiyah). Membersikan jiwa dari segala kotoran dosa adalah salah satu dari sekian banyak persiapan spiritual yang harus dilakukan. Sehingga ketika memasuki bulan yang suci itu, hati dan jiwa kita sudah bersih dan telah siap memaksimalkan ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah swt. Persiapan yang lainnya adalah memulai membiasakan diri untuk melaksanakan ibadah wajib dan sunnah dengan sesempurna mungkin. Karena kebiasaan-kebiasaan yang dibawa dari luar bulan Ramadhan akan lebih mudah dilaksanakan sewaktu bulan Ramadhan. Kebiasaan melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya, memperbanyak shalat sunnah, meperbanyak bacaan Al Qur’an, memperbanyak dzikir-wirid dan lain sebagainya.
Persiapan berikutnya adalah persiapan ilmu. Hal-hal yang belum dipahami seputar ibadah di bulan Ramadhan hendaknya sudah mulai dipelajari dari sekarang. Sehingga ketika sudah masuk di bulan Ramadhan tidak ada lagi amalan-amalan ibadah yang masih dalam keadaan meragukan. Seperti soal syarat, rukun dan yang membatalkan puasa. Semuanya telah selesai dipelajarinya sesaat sebelum Ramadhan datang.
Dan satu lagi persiapan yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan penjagaan kesehatan fisik. Agar ibadah di bulan Ramadhan tidak terganggu oleh sakit yang menyerang tubuh, kita harus menjaganya agar selalu dalam kondisi segar dan bugar. Hal-hal yang bisa menyebabkan kesehatan tubuh terganggu, dari sekarang hendaknya sudah mulai dihindarkan. Sebaliknya hal-hal yang bisa menunjang kesehatan tubuh hendaknya selalu dilakukan.

Entry filed under: Dakwah. Tags: .

Pendaftaran Mahasiswa Baru Ma’had UI Doa-Doa Selama Haji

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: