Gravitasi dan Peperangan

Juli 1, 2008 at 4:11 am Tinggalkan komentar

Loh, apa hubungannya gravitasi dengan peperangan? Secara sepintas mungkin tidak ada. Tetapi kalau kita mau merenungkan secara mendalam tentu saja bisa dengan mudah dicarikan kaitannya. Kalau kita berbicara tentang arti kata gravitasi dalam bahasa Inggris gravitation maka kita akan mendapatkan arti dalam bahasa Indonesiannya: kecenderungan atau kecondongan. Kalau kita terjemahkan secara bebas dalam bahasa komunikasi dan percakapan sehari-hari, gravitasi sering diartikan dengan daya tarik. Berarti kalau kita menyebut gravitasi bumi berarti daya tarik bumi terhadap benda-benda yang berada diatasnya. Terus apa hubungan antara gravitasi dengan peperangan.

Hubungannya sangat erat sekali. Hal ini berkaitan dengan keberadaan bumi dan isinya dengan segala daya tariknya bagi manusia. Bumi dengan segala kekayaan dan keindahannya sangat menarik hati manusia. Segala yang ada di dalam dan diatasnya diciptakan sangat sesuai dengan kebutuhan semua orang. Semua yang ada di bumi sangat memungkinkan bagi manusia untuk merasa tenteram bersamanya. Hutan dan bukit yang menghijau dengan sungai jernih yang berkelok-kelok, hamparan persawahan dengan padi yang menguning. Hamparan perkebunan yang menghijau dengan aneka macam tumbuhan yang menghasilkan. Lautan yang membiru bergelombang dengan berjuta ikan hasil tangkapan dan beraneka macam tambang. Semuanya sangat menarik dan menyenangkan hati setiap orang.

Dalam Al Qur’an sendiri telah dijelaskan tentang adanya kecenderungan dan kecintaan manusia terhadap wanita, harta, rumah, perkebunan dan peternakan serta terhadap kehidupan dunia beserta seluruh isinya. Suatu saat juga Rasulullah saw pernah juga pernah mengatakan bahwa bumi ini telah diciptakan dengan sangat indah. Oleh karenanya kita diminta untuk berhati-hati terhadap yang ada dunia ini dan juga terhadap wanita. Karena kata Beliau saw bangsa-bangsa terdahulu menemui kehancuran gara-gara mereka tidak berhati-hati terhadap segala tarikan dunia dan juga tarikan lawan jenis.

Bahkan tarikan dunia dan wanita bisa memicu terjadinya peperangan dan pertempuran. Daya tarik sebuah kekuasaan atau untuk mengusai kedudukan tertentu sering menjadi pemicu terjadinya peperangan. Daya tarik untuk menguasai, merebut dan menjajah wilayah yang dianggap subur dan kaya  tidak jarang menjadi pemantik gerakan perlawanan dan memicu pecahnya pertempuran. Ribuan dan jutaan orang mungkin yang telah meregang nyawa dan dikorbankan, demi untuk menuntaskan ambisi menguasai serta mewujudkan cintanya terhadap daya tariknya dunia. Begitu juga dengan daya tarik lawan jenis baik laki-laki maupun perempuan. Seseorang akan mengorbankan apa saja demi untuk bisa memilikinya. Nyawapun akan dipertaruhkannya demi untuk mendapatkan cinta dari para pujaannya.

Di zaman Rasulullah saw beberapa pengikutnya mendapatkan kritikan dari Allah swt melalui wahyu yang turun kepada Beliau saw. Hal ini disebabkan adanya beberapa pengikutnya yang memilih tidak mengikuti pertempuran gara-gara daya tarik dunia yang begitu kuat merasuki hatinya. Mereka enggan mengikuti peperangan yang dipimpin oleh Rasulullah saw itu lantaran mereka memandang situasi yang tidak memungkinkan. Cuaca saat itu memang sangat panas. Dan kebetulan saat itu ladang-ladang mereka sedang dalam masa panen yang melimpah. Alasan cuaca dan kesibukan pekerjaan telah memalingkan dan menarik hati mereka untuk tidak mengikuti perjuangan bersama Rasulullah saw.

Tarikan-tarikan dunia beserta seluruh isinya sering memalingkan hati kita dari tugas utama kita yaitu ibadah. Kehidupan dunia dengan segala macam kesibukannya sering mengganggu konsentrasi kita dalam beribadah. Sholat berjama’ah, membaca Al Qur’an, sholat tahajjud dan lain sebagainya sering tidak terlaksana akibat pengaruh tarikan dunia yang begitu kuat mencengkram hati kita

Entry filed under: Beranda. Tags: .

Mengatasi Kegelisahan Selesai Dengan Kata-Kata

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: