Tidak Sekedar Nama

Mei 16, 2008 at 3:58 am Tinggalkan komentar

Tidak mudah mempertahankan hubungan dengan orang yang kita kenal agar tetap bertahan dalam jangka waktu yang lama. Karena tidak semua orang yang telah kita kenal berhasil menggoreskan kesan yang mendalam dalam ingatan kita. Dari mulai anak-anak sampai dewasa telah banyak orang yang telah kita kenal dan telah berinteraksi dengan kita. Kita telah bergaul dengan berbagai macam karakter orang dengan berbagai macam latar belakangnya. Tetapi tidak semua dari mereka yang benar-benar meninggalkan bekas yang mendalam pada hati kita sehingga kita masih selalu rajin mengingatnya.

Ada banyak alasan mengapa kita selalu mengenang atau mengingat seseorang. Masing-masing orang juga mempunyai alasan sendiri-sendiri mengapa mereka mengingat seseorang melebihi dari yang lainnya. Masing-masing pribadi mempunyai alasan sendiri-sendiri mengapa mereka menempatkan seseorang dalam hatinya melebihi dari orang yang lainnya. Yang jelas alasannya tidak mungkin dibuat-buat. Karena untuk urusan yang satu ini sangat erat hubungannya dengan masalah kepekaan hati.

Ada banyak alasan yang menyebabkan seseorang tidak mudah melepaskan ingatannya terhadap seseorang. Salah satunya adalah telah terjalinnya hubungan hati dan perasaan diantara keduanya. Mungkin diantara keduanya telah saling menyukai dan telah saling menemukan kecocokan. Mungkin diantara keduanya telah saling memahami isi hati dan perasaannya masing-masing. Sehingga ketika dua hati telah berpadu amat susah untuk bisa memisahkannya dan membuatnya lupa begitu saja.

Memang tidak mudah jalan yang harus ditempuh sehingga keduanya bisa saling bertaut hatinya. Pada umumnya untuk saling mengenal saja, mungkin membutuhkan waktu yang lama. Tidak hanya berbulan-bulan tetapi mungkin akan berlangsung bertahun-tahun. Apalagi intensitas bertemunya cukup jarang, waktu bertahun-tahun belum tentu bisa mengantarkan seseorang pada perkenalan yang sebenarnya. Kadang mungkin hanya kenal nama saja, itupun hanya sekedar nama panggilannya saja, ditambah lagi mungkin sekedar mengetahui daerah asal tempat tinggal.

Orang-orang yang ada disekitar kita juga banyak yang kita kenal. Teman-teman semasa kuliah, kawan-kawan di tempat kita bekerja, sahabat-sahabat yang seperjuangan dalam ide dan gagasan dan orang-orang yang secara fisik selalu berdekatan dengan kehidupan kita. Mereka semuanya memiliki hubungan-hubungan tertentu dengan kita. Mereka telah kita kenal semuanya dan mereka semua juga telah mengenal kita. Ada diantara mereka yang sekedar mengenal nama kita saja, ada juga yang mengenal nama beserta aktifitas kita dan lain-lainnya. Kita juga demikian, kepada orang-orang lain yang kita kenal pada umumnya, kita merasa mencukupkan diri dengan hanya sekedar mengetahui nama dan asalnya saja.

Tetapi tidak cukup untuk orang-orang tertentu yang lain. Terlalu banyak alasan mengapa orang-orang tertentu itu, kita merasa kurang puas ketika hanya sekedar mengetahui nama dan tempat asalnya saja. Ada hal-hal yang istimewa yang kemudian mendorong hati  kita untuk mengenal lebih jauh dan ingin masuk kedalam pribadinya. Mungkin bisa disebabkan karena kekaguman kita terhadap orang itu, atau juga bisa karena  kebaikan orang itu kepada kita yang menyebabkan kita tertarik kepadanya. Sehingga kita merasa perlu untuk saling mengetahui lebih dekat.

Diantara sekian banyak orang yang kita kenal, kemudian ada  seseorang  yang  cukup memberi perhatian kepada kita atau telah banyak berbuat baik kepada kita. Sehingga kita tidak mungkin bisa dengan mudah melupakannya begitu saja. Tidak mungkin kita tidak ingin mengenalnya lebih jauh tentang dirinya. Tentu saja kita akan berusaha lebih dekat kepadanya. Kita juga mungkin ingin lebih jauh mengenal pribadinya. Tidak hanya itu, kita juga ingin mengenal keluarganya dan orang-orang yang dekat dengannya. Tidak hanya itu juga, kita ingin tahu juga tentang riwayat hidupnya, kegemarannya dan lain-lainnya.

Atau ketika ada seseorang yang kita kenal, yang secara pribadi orang itu mampu mengundang kekaguman kita, maka kita akan berusaha untuk mengenalnya lebih dekat. Tidak cukup sekedar nama yang kita inginkan tetapi yang lebih jauh dari itu. Kalau mungkin kita akan berusaha mendekatkan hati dan perasaan kita untuk bisa bersamanya. Kita ingin kelebihan-kelebihan yang ia miliki juga menjadi milik kita. Kita juga ingin kebaikan-kebaikan yang ia miliki juga menjadi kebaikan bagi diri kita.

Terlalu banyak orang-orang baik yang mengagumkan yang telah tampil dalam setiap pentas sejarah. Apakah kita termasuk orang yang ingin mengenalnya lebih dekat dan mengambil manfaat dari segala kebaikan yang telah diperbuatnya?

Entry filed under: Dakwah. Tags: .

Menuntut Keseriusan Nasionaliskah Kita

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: