Menuntut Keseriusan

Mei 13, 2008 at 5:39 am Tinggalkan komentar

Barang siapa yang bersungguh-sungguh mencarinya, maka niscaya ia akan mendapatkannya. Demikian bunyi pepatah yang sering mampir ke telinga kita. Sebuah pepatah yang kemudian menjadi terkenal karena mungkin telah teruji kebenarannya. Mungkin ada sekian banyak orang yang telah membuktikan kebenaran dari pepatah itu. Apakah karena mereka mendengar pepatah itu kemudian mereka membuktikan kemudian. Atau mereka yang telah bekerja dengan serius sebelumnya, begitu mereka mendengar pepatah itu, mereka membenarkannya kemudian.

Dalam hidup ini apa sih yang tidak membutuhkan keseriusan. Semuanya pasti membutuhkan kesungguh-sungguhan. Mulai dari hal yang kecil-kecil sampai hal-hal yang besar. Mulai dari mengurus diri sendiri sampai mengurus sebuah Negara, semuanya membutuh keseriusan. Bayangkan saja, kalau seandainya sang  bapak tukang sampah tidak serius mengurus sampah-sampahnya, pasti akan terjadi kekotoran dimana-mana. Belum lagi baunya yang tidak sedap, kemungkinan akan membuat hidup menjadi tidak nyaman. Sehingga keseriusan bapak tukang sampah sangat dibutuhkan agar semua orang merasakan kebersihan dan kenyamanan.

  Sebaliknya orang-orang yang tidak serius dalam hidupnya, maka dia kemungkinan tidak akan mendapatkan apa-apa. Hidupnya akan dipenuhi dengan serba ketidakpastian dan bayangan semu yang jauh dari kenyataan. Waktu dan hartanya akan habis hanya untuk sekedar memuaskan segala keinginan. Kemungkinan akan menjalani kehidupan tanpa arah dan tujuan yang jelas.Kesempatan dan peluang bisa jadi akan terbuang sia-sia tanpa bisa menggunakannya. Perasaan pesimis dan tidak percaya pada diri sendiri akan membayangi setiap langkah-langkahnya.

Manusia diciptakan bukan dengan main-main dan bukan untuk main-main. Allah swt sangat bersungguh-sungguh dalam menciptakan manusia. Tidak sekedar diciptakan saja, tetapi juga diberi rizki semuanya, diberi kelengkapan segala kebutuhan hidupnya, diberi kedudukan dan diberi juga aturan atau panduan kehidupan. Semua yang diciptakan-Nya diperuntukkan bagi manusia semuanya.     

Makanya salah kalau ada sebagian orang mempunyai anggapan bahwa  kehidupan ini hanya untuk main-main saja. Tidak benar sekali kalau adanya kehidupan ini tanpa adanya tujuan yang pasti. Kehidupan ini diciptakan tidak dengan main-main, tetapi dengan kesungguhan dan memiliki tujuan yang pasti. Begitu juga setiap benda yang ada disekitar kita, semuanya diadakan untuk membawa manfaat bagi manusia.

Seorang wanita membutuhkan seorang pria yang benar-benar serius ingin menjadi suaminya. Bukan seorang pria yang sekedar ingin bermain-main dengannya tanpa adanya kejelasan statusnya. Wanita juga membutuhkan keseriusan seorang pria untuk merencanakan tahap demi tahap kehidupan yang akan dilaluinya bersama-sama. Seorang wanita membutuhkan seseorang yang bersungguh-sungguh bisa melindungi, menjaga dan menghargainya. Seorang pria yang bisa menyayangi dan menghormati kedudukannya baik di kala suka maupun duka. Dan seorang pria yang setia dan sabar dalam membimbing dan mengarahkannya.

Seorang pria juga sangat membutuhkan seorang wanita yang benar-benar bisa menemani dan mencintainya setulus jiwa. Bukan sekedar seseorang yang hanya menginginkan keberadaan banyaknya harta dan penampilan fisik semata. Seorang pria membutuhkan wanita yang benar-benar bisa menghargai dan melayaninya sepenuh jiwa. Seseorang yang bisa menghibur dikala susah dan memujinya di kala bahagia. Dan Seorang wanita yang pandai menjalankan peran yang disandangnya.

Perusahaan atau instansi manapun membutuhkan pekerja atau karyawan yang serius bekerja sesuai dengan bidang yang ditetapkannya. Bukan sekedar karyawan yang hanya bekerja karena takut kepada pimpinan atau adanya pengawasan. Pihak perusahaan juga akan bangga memiliki karyawan yang serius mengembangkan bidang yang ditekuninya sehingga meraih prestasi yang membanggakan. Bukan seorang karyawan yang sekedar bisa menuntut untuk dilayani haknya tanpa memberikan sumbangan yang berarti dalam pekerjaan.

 Masyarakat akan sangat menghargai apabila ada seseorang yang serius mengembangkan potensi diri dan lingkungan sekitarnya untuk kepentingan orang lain. Masyarakat juga sangat membutuhkan orang-orang yang serius berjuang untuk mengentaskan berbagai macam keterbelakangan yang masih dialaminya. Andaikan semua orang serius bekerja sesuai dengan bidangnya masing-masing, pastilah sebagian masalah akan mudah dipecahkannya.

Allah swt sangat menyukai hambah-Nya yang serius dalam beribadah dan berdo’a. Segala keinginan hamba akan dipenuhi asalkan mereka serius dan bersungguh-sungguh dalam memintanya.  

Entry filed under: Dakwah. Tags: .

Bukan Sekedar Menikah Tidak Sekedar Nama

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: