Berubah Saja

Mei 7, 2008 at 6:30 am Tinggalkan komentar

Selagi masih ada nyawa di badan, setiap orang pasti masih menginginkan perubahan. Oleh karena itu tidak ada seorangpun yang menyukai atau menginginkan adanya kemandegan atau statis tanpa ada perubahan. Siapapun, seiring dengan berjalannya waktu, pasti menginginkan keadaan yang lebih baik dari yang diterima atau dialaminya. Selagi yang lebih baik masih memungkinkan untuk bisa dikejar dan diusahakan, sudah barang tentu ia akan terus bekerja untuk mendapatkannya.

Berubah itu merupakan kebutuhan pokok semua orang. Karena ia merupakan salah satu ciri adanya kehidupan dari semua mahluk hidup termasuk manusia. Selagi masih dikatakan hidup, pasti akan memungkinkan terjadinya perubahan, minimal perubahan fisiknya. Dari tidak ada menjadi ada, dari kecil dan lemah menjadi besar dan kuat. Dari muda menjadi tua dan seterusnya.

Manusia telah dipilih sebagai khalifah untuk semua di muka bumi, Manusia juga diciptakan sebagai satu-satunya makhluk yang paling sempurna dari yang lainnya. Manusia memiliki kelebihan-kelebihan yang memungkinkan untuk memikul beban dan tanggung jawabnya sebagai khalifah. Manusia memiliki akal sehingga memungkinkan untuk mengolah segala sumber daya untuk mengembangkan kehidupan. Manusia juga memiliki beragam potensi yang sangat berguna untuk memakmurkan bumi yang ditinggali.

Berubah atau berpindah kepada yang lebih baik adalah merupakan salah satu ciri kematangan akal dan pribadi manusia. Perubahan kearah yang lebih baik yang dimaksud disini adalah dalam hal perubahan kepribadian. Karena perubahan kepribadian merupakan sesuatu yang paling mendasar dalam kehidupan. Disamping itu, merubah watak dan kepribadian bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Kita semua membutuhkan pribadi-pribadi yang siap berubah menjadi lebih baik, Karena keberhasilan sebuah rencana atau cita-cita yang baik akan banyak ditentukan pribadi yang baik ini.

Seabreg peraturan perundang-undangan yang dikeluarkan akan menjadi sia-sia saja kalau tidak didukung oleh kepatuhan pribadi yang akan melaksanakannya. Alangkah indahnya ketika peraturan, yang niatnya baik itu, dibarengi dengan itikad baik semua fihak untuk melaksanakannya. Pada akhirnya niat yang sangat baik itu benar-benar akan berhasil menciptakan keteraturan, ketertiban dan kenyamanan bagi semuanya. Sehingga semuanya akan membuahkan kebaikan bagi kehidupan semua orang.

Semua orang sangat suka dengan kebaikan dan cinta dengan hal-hal yang baik. Meskipun pada kenyataannya masih banyak yang belum terketuk hatinya untuk melakukannya. Atau mungkin sebagiannya ada yang sudah ingin untuk berubah tetapi masih ada perasaan belum sanggup menghadapi resikonya. Kenyataanya memang tidak mudah melawan kebiasaan-kebiasaan yang sudah terlanjur lama dilakukan, kemudian menggantinya menjadi  dengan kebiasaan-kebiasaan yang lebih baik. Butuh kesungguhan pribadi dan dukungan dari semua fihak untuk bisa mewujudkannya.

Banyak juga yang merasakan nikmat ketika mencoba berubah kepada sesuatu yang baik menurut agama. Tetapi hal itu tidak diteruskannya karena adanya halangan-halangan yang dia belum siap menghadapinya. Halangan itu mungkin bisa berasal dari keluarga, teman atau pergaulan, profesi atau pekerjaan dan mungkin juga lingkungan. Padahal kalau benar-benar ia teruskan niatnya untuk berubah, belum tentu hal-hal negative yang ia khawatirkan benar-benar menjadi kenyataan. Belum tentu keluarga tidak mendakung langkahnya. Belum tentu teman-teman akrabnya akan menjauhinya. Belum tentu juga langkahnya akan merugikan pekerjaanya dan seterusnya.

Sederetan cerita yang panjang banyak mengkisahkan betapa suksesnya orang-orang yang telah melakukan hijrah kepada kebaikan. Kisah sebuah keluarga yang menemukan keharmonisannya kembali setelah mereka berubah untuk kembali mentaati ajaran-ajaran agamanya. Seorang profesional wanita berhasil menemukan keberkahan dan ketentraman dalam kariernya ketika ia mulai berubah untuk taat menutup auratnya. Serta kisah-kisah para pemuda yang tidak lagi takut dan cemas menghadapi masa depannya ketika mereka merubah gaya hidupnya sesuai dengan tuntunan Ilahi.

Keseriusan untuk berubah harusnya diikuti dengan sejumlah langkah yang nyata. Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menentukan pribadi yang dianggap paling baik untuk dijadikan panutan dan sandaran dalam melakukan perubahan. Pribadi-pribadi seperti apa dan seperti siapa yang hendak anda tiru dan jadikan panutan. Kemudian perbanyaklah berteman dengan orang-orang yang mempunyai niat sama dengan anda. Karena lingkungan pergaulan yang baik akan menghidarkan anda dari kebiasaan-kebiasaan yang tidak baik dan sebaliknya anda akan dituntun menapakkan langkah-langkah kepada kebaikan. Perbanyak ilmu pengetahuan, karena ilmu pengetahuan akan memberikan jawaban-jawaban yang terang terhadap segala persoalan yang kadang membingungkan.

Entry filed under: Beranda. Tags: .

Menikmati Indahnya Keikhlasan Sekolah Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: