MAHASISWA SANTRI

Maret 21, 2008 at 10:03 am Tinggalkan komentar

Sejak didirikan tahun 1990, Pesantren Mahasiswa Ma’had Ukhuwah Islamiyah Surabaya telah banyak merubah paradigma seorang mahasiswa. Para mahasiswa yang tadinya kebanyakan menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk “kuliah saja”, menjadi semakin bertambah kesibukannya. Mahasiswa yang tadinya hanya serius mendalami modul-modul yang didapatkan di bangku kuliah, menjadi ingin menambah ilmunya tentang agama. Sehingga tumpukan modul-modul kuliah diatas meja menjadi bersandingan dengan aneka bacaan buku dan majalah yang bernafaskan agama. Kesibukan merekapun tidak lagi berkutat pada kegiatan-kegiatan seputar kuliah dan kegiatan ekstra-nya. Mereka sesekali terlihat berkumpul bersama teman-temannya berdiskusi seputar masalah agama. Sesekali juga mereka mengadakan berbagai macam acara baik ditempat mereka kuliah atau di luaran sana.
Begitulah warna baru mahasiswa kita saat ini. Warna yang semakin menyejukkan mata yang melihatnya. Meskipun masih banyak diantara mereka yang masih tergiur dengan status ”mewah” mahasiswa. Dengan segala atribut dan gaya hidup ”kelas atas”-nya. Tetapi mahasiswa ”santri” ini semakin hari semakin banyak jumlahnya. Bukti nyatanya adalah semakin banyak mahasiswa yang semakin rajin menegakkan sholatnya baik di masjid atau musholla. Bergitu juga mahasiswinya, semakin banyak diantara mereka yang tidak membiarkan auratnya terbuka dan dilihat oleh lawan jenisnya. Ini tentu merupakan sebuah berita gembira bagi Indonesia dan seluruh komponen anak bangsa. Mahasiswa yang merupakan calon penerus estafet kepemimpinan bangsa di masa depan natinya akan diisi oleh orang-orang yang bersih. Sehingga sejarah bangsa ini yang sangat lekat dengan praktek kolusi dan korupsi harus segera bisa diakhiri. Dengan demikian rakyat kita akan dibuat gembira dengan hadirnya para pemimpin bangsa dan segenap birokrasinya yang dengan penuh kasih sayang melayani dan melindungi mereka.
Para mahasiswa santri dikenal sangat serius dalam belajar ilmu agama. Meskipun mereka rata-rata mahasiswa dari universitas ternama seperti Unair dan ITS, tetapi semangat mereka tidak kalah dengan yang berasal dari sekolah agama. Meskipun mereka kebanyakan jebolan dari sekolah-sekolah umum tetapi kemampuan mereka dalam menyerap ilmu-ilmu agama yang diajarkan sungguh luar biasa. Maka tidak heran jika diantara para mahasiswa ini ada yang bacaan Qur’an-nya sangat bagus. Ada yang hafalan Qur’an-nya banyak sekali. Ada pula diantara mereka yang banyak hafalan Hadits-nya. Bahkan tidak sedikit diatara mereka ada yang mampu menjadi Khotib dan penceramah serta menjadi penggerak-penggerak kegiatan sosial keagamaan lainnya.
Sungguh sangat miris rasanya ketika mendengar berita melalui media massa. Dimana diberitakan di sebuah perguruan tinggi ternama terjadi bentrokkan antar sesama mahasiswa. Sungguh sangat memprihatinkan juga ketika mendengar berita tentang adanya mahasiswa yang terlibat narkoba. Lebih prihatin lagi dengan semakin banyaknya berita tentang praktek pergaulan bebas diantara mahasiswa dan mahasiswi serta kehamilan di luar nikah. Sungguh sangat menyesakkan dada memang. Segala atribut dan lebel rasional dan intelektual seakan tanggal, begitu mereka dengan mudahnya melakukan perbuatan-perbutan emosional dan bahkan menjurus kriminal.
Pesantren Mahasiswa Ukhuwah Islamiyah Surabaya siap mengantarkan siapa saja yang terketuk hatinya untuk menjadi seorang muslim sebenarnya. Menjadi muslim yang sebenarnya itu nikmat rasanya. Dimanapun dia berada, dia akan mengerti posisi dan tanggung-jawabnya. Dalam keadaan bagaimanapun juga, dia akan siap untuk tetap berkarya dan tidak mudah untuk menyerah. Semoga para mahasiswa Indonesia tidak pernah lelah dan berhenti mewujudkan cita-citanya.

Entry filed under: Pendidikan. Tags: , .

Rindu Tanah Suci-3: Awal Perjalanan SDIT Al Uswah dan SDM Berkualitas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



%d blogger menyukai ini: