Doa Pulang Haji

Desember 25, 2008 at 3:48 am 3 komentar

Penghargaan dan penghormatan masyarakat terhadap orang-orang yang baru pulang dari menunaikan ibadah haji sangat tinggi. Mereka para tamu Allah itu dianggap sebagai orang-orang telah kembali dari kesucian. Dalam benak mereka mengakui bahwa para jamaah haji telah dianggap melakukan sebuah perjalanan suci memenuhi panggilan Ilahi. Jamaah haji telah menyempurnakan rukun Islam yang diyakini. Mereka telah melaksanakan seluruh ibadah yang diajarkan Nabi saw, mereka telah menetap beberapa waktu lamanya di tanah suci, mereka mendatangi Baitullah yang suci, membersikan diri dari dosa dan kekhilafan, meminum air zam-zamNya yang paling suci, berdoa dan bermohon di tempat yang paling mulia dan mustajabah yang diberkati.

Oleh karenanya para jamaah haji yang baru datang dari tanah suci akan banyak diziarahi dan didatangi oleh para tetangga, keluarga dan sahabat serta masyarakat lainnya. Disamping mereka bersilaturrahim dan menanyakaan keaadaan selama berada di tanah suci, mereka juga meminta tamu-tamu Allah ini mendoakan mereka. Bagi yang belum pernah berangkat haji, mereka minta didoakan supaya mereka segera menyusul bisa menunaikan badah haji. Dan bagi yang sudah pernah berangkat haji, mereka minta didoakan supaya mereka bisa mengulanginya kembali.

Itulah tradisi yang sudah membudaya dalam masyarakat kita. Doa-doa para jamaah haji selalu diinginkan dan dicari oleh banyak orang. Mereka berkeyakinan bahwa doa-doa orang yang baru pulang dari beribadah di tanah suci ini akan dikabulkan Allah swt. Berikut ini beberapa untaian Doa yang sering dibaca oleh para jamaah haji:

اللَّهُمَّ اجْعَلْهُ حِجًّا مَبْرُوْرًا وَسَعْيًا مَشْکُوْرًا ، وَذَنْبًا مَغْفُوْرًا ، وَعَمَلاً صَالِحًا مَقْبُوْلاً ، وَتِجَارَةً لَنْ تَبُوْرَ يَا عَالِمَ مَا فِيْ الصُّدُوْرِ أَخْرِجْنِي يَا اللهُ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّوْرِ إِنِّي أَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ کُلِّ إِثْمٍ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍ ، وَالْفَوْزَ بِالْجَنَّةِ وَالْنَجَاةَ مِنَ النَّارِ ، رَبِّ قَنِّعْنِي بِمَا رَزَقْتَنِي ، وَبَارِكْ لِي فِيْمَا أَعْطَيْتَنِي وَأَخْلِفْ عَلَى کُلِّ غَائِبَةٍ لِيْ مِنْكَ بِخَيْرٍ

About these ads

Entry filed under: Lintasan. Tags: , , .

Menyambut Kepulangan Haji Hijrah Dan Masyarakat Baru

3 Komentar Add your own

  • 1. Mohammad Nurdin  |  September 30, 2010 pukul 4:28 am

    Mohon ijin saya kutip doanya, untuk melengkapi koleksi blog saya. Kebetulan ada teman yang mau haji dan butuh doa pulang haji. Terima Kasih.

    Balas
  • 2. Helmy  |  Desember 2, 2010 pukul 2:32 am

    Syukran jazakumullah, kebetulan hari ini ada tugas nyambut yang pulang haji… salam jauh dari Klaten Jateng…!

    Balas
  • 3. Ahkam F  |  November 4, 2011 pukul 8:07 am

    Mas, ada yang teks latin nya ga do’a ini….secara saya kurang lancar baca bahasa arab…Syukron….

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed



Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: